Perbedaan antara IP Public dan IP Private

Setiap komputer yang terhubung ke suatu jaringan pasti memiliki yang namanya IP Address (Internet Protocol Address).

IP address merupakan sebuah alamat atau identitas pada komputer untuk membedakan komputer satu dengan lainnya. Selain itu, IP address juga digunakan sebagai alamat lokasi jaringan.

Pengertian IP Public

IP Public merupakan alamat IP yang ditetapkan oleh InterNIC yang memiliki beberapa buah Network ID yang dijamin unik (tidak ada alamat IP yang sama) untuk tiap-tiap host atau perangkat yang terhubung dalam jaringan internet.

Host yang menggunakan IP Public dapat diakses oleh seluruh user yang terhubung ke internet baik secara langsung maupun tidak langsung (proxy/NAT). Umumnya user internet memperoleh IP Public dari ISP (penyedia layanan akses internet).

Internet

Sebuah alamat IP Public bisa berupa static atau dynamic. Sebuah alamat IP Public static bersifat statis atau tidak dapat berubah, biasanya digunakan untuk hosting halaman web atau layanan di internet.

Sedangkan IP Public dynamic dipilih dari sebuah pool yang tersedia pada alamat dan perubahan masing-masing terjadi satu kali saat menghubungkan ke Internet. Sebagian besar pengguna internet hanya akan memiliki IP dinamis yang bertugas untuk tiap komputer. Saat jaringan terputus (disconnected) apabila terhubung kembali maka otomatis akan mendapat alamat IP Public baru.

Untuk mengetahui alamat IP Public perangkat anda, silahkan ketik IP Public pada kolom pencarian Google, lalu tekan Enter.

Pengertian IP Private

IP Private adalah alamat IP yang biasanya digunakan dalam suatu jaringan yang tidak terhubung ke internet atau bisa juga terhubung ke internet tapi melalui NAT (Network Address Translation). Sebuah alamat IP dianggap pribadi jika nomor IP termasuk dalam salah satu rentang alamat IP untuk jaringan pribadi seperti LAN (Local Area Network).
LAN
Local Area Network
IP Private biasanya digunakan untuk penomoran komputer dalam jaringan pribadi seperti rumah, sekolah, kantor, atau hotel yang memungkinkan komputer dalam jaringan untuk berkomunikasi satu sama lain.

Berbeda dengan IP Public, administrator jaringan bebas untuk menentukan alamat IP dari pilihannya sendiri sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan IANA (Internet Assigned Numbers Authority), yaitu dari kelas A, B, dan C.

Perangkat dengan alamat IP private tidak dapat terhubung langsung ke Internet. Demikian juga, komputer di luar jaringan lokal tidak dapat terhubung langsung ke perangkat dengan IP pribadi.

Hal ini dimungkinkan untuk menghubungkan dua jaringan pribadi dengan bantuan router atau perangkat serupa yang mendukung Network Address Translation (NAT).

0 Response to "Perbedaan antara IP Public dan IP Private"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel