Perbedaan Sistem Operasi 32-bit (x86) dan 64-bit (x64)

Kalian yang sehari-harinya di depan komputer, mestinya sudah tidak asing lagi dengan istilah 32 bit dan 64 bit. Tapi apakah kamu tau apa maksud dari istilah tersebut?

Pada laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows tentu menggunakan antara 32 bit dan 64 bit. Namun masih banyak orang yang bingung perbedaan antara keduanya.


Pengertian 32 bit dan 64 bit

Istilah 32 bit (x86) dan 64 bit (x64) mengacu pada kemampuan prosesor dalam menangani data. Prosesor dengan arsitektur 32 bit hanya mampu memproses data sebesar 32 bit saja dalam sekali siklus. Sedangkan prosesor dengan arsitektur 64 bit mampu memproses lebih banyak data dengan jumlah data sebesar 64 bit dalam sekali siklus. Ini menandakan bahwa prosesor 64 bit memiliki kemampuan memproses yang lebih hebat ketimbang prosesor 32 bit.

Batasan Penggunaan RAM

Perbedaan mendasar antara sistem operasi 32 bit dengan 64 bit terletak pada jumlah maksimal RAM yang bisa digunakan. Sistem operasi 32 bit memiliki batas maksimal penggunaan RAM tidak kurang dari 4 GB saja (sekitar 3,2 GB) dan umumnya akan bekerja optimal ketika menggunakan RAM 1 atau 2 GB. Sedangkan sistem operasi 64 bit bisa lebih dari 4 GB. Secara teori, prosesor 64-bit dapat bekerja dengan kapasitas memori hingga 17 juta GB.

Performa yang Berbeda

Dalam hal ini pekerjaan yang dapat dilakukan oleh 32 bit dan 64 bit jelas berbeda. Jika pada komputer dengan Windows 32 bit, hanya cocok digunakan untuk melakukan pekerjaan ringan dan membuka aplikasi yang tidak terlalu berat. Sedangkan untuk komputer dengan Windows 64 bit lebih cocok digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat dan membutuhkan banyak memori, seperti mengedit video, bermain game HD (high definition), dan lain sebagainya.

Kompatibilitas

Prosesor 32 bit dapat menjalankan software yang dikhususkan untuk arsitektur 32 bit, namun tidak bisa menjalankan software yang dikhususkan dengan arsitektur 64 bit. Misalnya, prosesor 32 bit bisa memasang OS Windows 32 bit namun tidak bisa memasang Windows 64 bit. Sedangkan prosesor 64 bit lebih leluasa karena dapat memasang OS Windows 32 bit ataupun Windows 64 bit.

Ini berlaku juga bagi software 32 bit dan 64 bit. Kita bisa memasang software 32 bit atau 64 bit ke dalam Windows 64 bit, tapi kita tidak bisa memasang software 64 bit ke dalam Windows 32 bit.

Kekurangan dan Kelebihan

Sistem Operasi 32 bit

Kelebihan :
  • Dapat bekerja dengan optimal meski hanya dengan RAM 2 GB
  • Lebih kompatibel dengan driver lama.
Kekurangan :
  • Tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 4 GB
  • Tidak bisa menjalankan software 64 bit
  • Beberapa software terbaru tidak mendukung 32 bit
  • Tidak dapat menjalankan software yang berat

Sistem Operasi 64 bit

Kelebihan :
  • Lebih cepat dalam memproses data
  • Bisa menggunakan RAM lebih dari 4 GB
  • Dapat menjalankan software 32 bit atau 64 bit
  • Kinerja prosesor lebih optimal
Kekurangan :
  • Tidak cocok untuk komputer lawas, terutama pada kompatibilitas drivernya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa prosesor dengan arsitektur 64 bit lebih unggul daripada prosesor 32 bit. Tapi ini kembali pada spesifikasi komputer yang kamu miliki. Jika kamu hanya memiliki RAM 2 GB sebaiknya gunakan Sistem Operasi 32 bit. Tapi jika RAM kamu lebih dari 4 GB, sebaiknya gunakan Sistem Operasi 64 bit.

Tapi bagi yang memiliki RAM 4 GB, akan lebih baik jika menggunakan Sistem Operasi 64 bit. Kenapa? Karena jika dipaksakan menggunakan Sistem Operasi 32 bit maka komputer akan membaca RAM hanya sebesar 3,2 GB saja. Selain itu, dalam pemrosesan data pun lebih cepat jika memakai Sistem Operasi 64 bit.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai perbedaan antara sistem operasi 32 bit dan 64 bit. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Perbedaan Sistem Operasi 32-bit (x86) dan 64-bit (x64)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel